Friday, February 24, 2017

Terkena Bencana Alam, Ini Cara Cepat Mencegah Gangguan Jiwa

smart detox

Indonesia rawan alami bencana alam seperti gunung meletus, pemanasan global, cuaca ektrim, gempa, banjir, atau longsor. Hal itu bisa tingkatkan resiko masalah jiwa sejumlah 20% untuk korban bencana alam. Efek kesehatan jiwa serta psikososial dapat ditandai dengan meningkatnya angka depresi serta asietas, pemakaian NAPZA, distress psikologis, sosial, serta okupasi.



Untuk menangani permasalahan itu, baiknya orang-orang dihimbau untuk membawa seorang yang terserang bencana psikososial ke tempat yang aman, tawarkan pertolongan, serta menolong menghubungkan korban dengan service sosial atau tempat tinggal sakit.

" Di Tempat tinggal Sakit Umum, Pusat Nasional (RSUPN), Dr. Cipto Mangunkusumo sediakan service untuk menolong korban bencana psikososial, " tutur Dr. dr, Nurmiati Amir, SpKJ

Departemen Medik Psikiatri, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo memiliki Klinik Pemulihan Stres Pasca Trauma (PSPT). Beragam pendekatan komprehensif ada di Klinik PSPT, misalnya identifikasi intervensi krisis, psikoedukasi, psikoterapi serta psikofarmakologi. Terdapat beberapa petugas kesehatan yang bersedia ikut serta dalam pemberian pertolongan pada korban trauma seperti psikiater, psikolog, perawat, serta pekerja sosial atau relawan.

Pelajari beragam aspek resiko terjadinya PTSD juga butuh di ketahui, umpamanya ada kisah kekerasan pada saat kanak-kanak, pernah mempunyai masalah jiwa terlebih dulu, mempunyai aspek keturunan masalah jiwa (kuatir serta mood yang lain), mempunyai IQ rendah atau defisit kognitif. Aspek lain seperti ada tingkah laku menghindar, kurangnya support sosial, serta bahkan juga type kelamin perempuan adalah aspek resiko yang butuh diwaspadai.

“Hal yang perlu jadi perhatian dalam sistem intervensi psikososial yaitu intervensi psikologis paska bencana. Hal semacam ini diperlukan serta mesti ada di tiap-tiap ruang bencana alam. Pengungsi yang tinggal dirumah sanak saudara atau bukanlah ditempat pengungsian/barak mesti memiliki akses yang sama untuk service kesehatan jiwa. Program kesehatan mesti memperhitungkan beberapa aspek resiliensi, serta permasalahan kejiwaan anak mesti diakukan dalam program kesehatan jiwa komune, " terang Nurmiati Amir.

Satu diantara bentuk intervensi psikososial paska bencana yaitu cara Psychological First Aid (PFA) yang bertindak dalam menolong beberapa korban bencana alam kurangi luka psikologis serta meningkatkan manfaat adaptifnya sekalian mengakselerasi pemulihan psikologis pasca alami momen susah akibat bencana alam.

Prinsip basic jual smart detox lakukan pertolongan pertama yaitu memberi perasaan aman, ketenangan, kepercayaan atas kekuatan diri serta komune di sekitaran individu, memberi perasaan keterikatan serta memberi harapan.

Profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, psikolog, perawat jiwa, juga oleh pekerja sosial serta relawan dari orang-orang pemula yang telah ikuti pelatihannya.

No comments:

Post a Comment